RATER (Aspek Mutu Pelayanan)

mutu

  • Reliability

Reliability merupakan kemampuan untuk melakukan layanan berupa dependably yaitu dapat diandalkan, dipercaya, dam dapat dipertanggungjawabkan, kemudian bersifat accurately yaitu jasa yang diberikan sesuai dengan yang telah dijanjikan, serta consistently yang berarti secara terus menerus melakukan pelayanan yang sama sesuai janji pemberi pelayanan.

  • Assurance

Assurance meliputi pengetahuan pekerja, courtesy yang berarti penyampaian dengan sopan santun, serta ability to convey trust and confidence yang berarti dapat memberikan rasa percaya dan yakin akan jaminan kesembuhan. Muninjaya (2013), menyatakan bahwa dengan assurance yang baik dapat menghilangkan rasa khawatir untuk menggunakan pelayanan.

  • Tangible

Tangible merupakan semua penampakan fisik yang terdiri atas fasilitas seperti kebersihan, penerangan, dan kebisingan, sampai dengan tenaga yang terdiri atas kerapian pakaian dan keramahan. Muninjaya (2013), menyatakan bahwa persepsi baik dari pelanggan dapat muncul karena mereka dapat bekerja secara optimal sesuai dengan keterampilannya dan dapat dirasakan oleh indera pasien.

  • Empathy

Empathy adalah segala hal yang berhubungan dengan keluhan, kebutuhan, keinginan, serta harapan pasien. Muninjaya (2013), menyatakan bahwa empathy merupakan salah satu faktor yang dapat berdampak pada mutu kesehatan sehingga menurunkan tingkat kepuasan pelanggan.

  • Responsiveness

Berhubungan dengan kecepatan dan keinginan membantu pasien, indikatornya berupa waktu tunggu dan kecepatan datang bila dibutuhkan. Muninjaya (2010), menyatakan bahwa responsiveness sangat dibutuhkan di era yang semakin maju dengan teknologi dan berdasarkan prinsip “time is money” yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s