Tips Bermain Catur

chess

1. Urutkan yang terpenting

bidak

Semua pemain catur pasti mengetahui bahwa dalam bermain catur, bidak yang terpenting adalah ratu (Ster) setelah raja. Kemudian yang terpenting setelah ratu adalah benteng, kemudian ada yang sejajar dengan yaitu kuda dan gajah (peluncur), pilihlah tergantung cara mainmu, yang saya pilih adalah kuda karena pergerakannya lebih fleksibel daripada gajah, sedangkan yang terakhir adalah pion. Semua bidak dapat dikorbankan untuk membunuh ratu lawan.

 

2. Ikuti permainan lawan

ikuti

Tutup setiap pergarakan lawan. Tidak perlu berniat menyerang jika masih dalam posisi seimbang, dengan bertahan anda dapat menyerang. ikutilah kemana lawan pergi dan tutup pergerakannya.

 

3. Saling bunuh (adu) jika menang pasukan

catur

Saling diadu dan cobalah saling makan jika anda memiliki pasukan yang lebih, terutama ketika anda mempunyai ratu, sedangkan lawan tidak.

 

4. Jangan buru-buru menyerang

skak

Jangan terlalu buru-buru menyerang karena anda akan menemui kesulitan sendiri jika kurang pasukan dalam menyerang, rencanakan dengan matang sebelum menyerang dan lakukanlah tahap demi tahap.

 

5. Lakukan sejajar Ratu+bidak lain+Raja musuh

skakster

Jika memungkinkan, lakukanlah posisi sejajar antara Ratu kita-salah satu bidak kita-raja musuh. Ini merupakan alat perangkap untuk melakukan skak ster jika musuh lengah.

Iklan

One thought on “Tips Bermain Catur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s