Pulau Man (Ellan Vannin)

Pulau Man

Berawal ketika iseng melihat negara mana saja yang mengunjungi blog ini, akhirnya menemukan nama dan lambang negara yag tidak pernah saya lihat sebelumnya, yaitu Pulau Man. Setelah mencoba menggelitik mbak google, saya lebih tertarik lagi untuk mengetahui lebih banyak karena lambang negaranya saya anggap unik yaitu ternyata hampir mirip dengan “cap kaki tiga”. Lambang tiga kaki tersebut bernama Triskelion. Triskelion berhubungan dengan semboyan Pulau Man — Quocunque Jeceris Stabit (Ke mana pun anda melemparnya, ia akan berdiri), melambangkan jiwa yang stabil dan kokoh dari orang manx.

Bukan hanya lambang negara yang unik, Pulau Man ini memiliki bahasa manx dan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Jarak antara ke Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia hampir sama. Pulau Man ini hanya dependensi mahkota Britania, dengan ratu Elizabeth II sebagai pemimpin, tetapi anehnya tidak termasuk Great Britain (GBR) atau United Kingdom (UK), padahal diapit oleh negara-negara yang termasuk GBR, dan yang lebih aneh lagi adalah Pulau Man juga tidak termasuk dalam anggota Uni Eropa.

Pulau Man memang tidak termasuk dalam Uni Eropa, tetapi ia dijadikan kawasan bea dan cukai Uni Eropa, sehingga negara Uni Eropa bisa bebas berdagang dengannya. Orang Man juga harus memiliki Visa untuk tinggal dan bekerja di negara Uni Eropa, pun sebaliknya, jika ada orang dari Uni Eropa ingin ke Pulau Man, mereka memerlukan dua visa yaitu visa Britania Raya dan visa khusus Man.

Perekonomian Man tergolong bagus karena tergabung dengan pasar bebas Uni Eropa. Mata uangnya ada khusus, yaitu Pound Pulau Man (setara dengan Pound Sterling), dan mitra dagang terbesarnya adalah Britania Raya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s