Cara Mengelola Keuangan Ala Anak Kos

uang

Uang memang merupakan sesuatu yang vital dalam kehidupan manusia, terutama untuk anak kos yang masih “digaji” oleh orang tua. Oleh karena itu pengelolaan keuangan yang baik sangat dibutuhkan untuk menjadikan keuangan tidak carut-marut dan harus mengorbankan teman untuk dijadikan target hutang kita. Berikut merupakan cara untuk mengelola keuangan sehingga keuangan anda menjadi sehat:

  1. Melakukan perencanaan kebutuhan di awal bulan
    Lakukanlah perencanaan kebutuhan pada awal “gajian”. Pilah kebutuhan menjadi kebutuhan harian dan kebutuhan tak tentu. Kebutuhan harian seperti makan, sedangkan contoh dari kebutuhan tak tentu adalah kebutuhan akan bahan bakar kendaraan. Rencanakan kedua  kebutuhan tersebut dalam perhitungan bulanan.
  2. Breakdown kebutuhan bulanan menjadi kebutuhan mingguan
    Kebutuhan bulanan dapat di pecah lagi kedalam kebutuhan mingguan. bagilah uang anda menjadi empat, dan mulai lakukan perencanaan kebutuhan harian yang teratur seperti makan, juga perkirakan kebutuhan tak terduga anda selama seminggu. cek pulsa anda, bensin, sabun, dan yang lainnya. pastikan seakurat mungkin dalam memperkirakan.
  3. Sisihkan 10% uang untuk kebutuhan yang tak terduga
    ini masih dalam tahap yang sama dengan poin 1 dan 2, yaitu pada perencanaan awal, anda harus menyisihkan 10 persen dari jumlah uang anda untuk kebutuhan tak terduga dan jangan pernah menggunakan uang ini karena sangat berguna jika nanti ada suatu kebutuhan diluar perencanaan, seperti laptop rusak yang harus di service secara mendadak.
  4. I hate Coins (Sedekah)
    The power of sedekah sangat bisa dirasakan manfaatnya. Memang ini sulit dilakukan untuk yang berstatus masih mahasiswa. Mungkin anda bisa menerapkan cara saya yaitu dengan berprinsip “i hate coins”, jadi setiap koin kembalian dari pembayaran yang kita dapat jangan anda jadikan sebagai uang untuk membeli sesuatu lagi, anggap saja itu adalah sedekah kita. InsyaAllah itu akan membuat anda belajar untuk ikhlas. Ingat bahwa sedekah bukan mengurangi uang kita tetapi akan semakin menambah kelancaran terhadap keuangan kita.

Itulah beberapa cara agar keuangan kita lancar, lakukanlah modifikasi terhadap cara tersebut sesuai dengan kreativitas anda. selamat mencoba.

One thought on “Cara Mengelola Keuangan Ala Anak Kos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s