Hirarki Matematika (KaBaTaKu)

Tahukah anda bahwa dalam matematika, ada istilah KaBaTaKu (Kali, Bagi, Tambah, dan Kurang). Itu urutan dari yang paling tinggi yaitu kali sampai yang terendah pengurangan. Yang lebih tinggi harus lebih dulu dihitung, kemudian diikuti yang lebih rendah dan seterusnya. Ini digunakan ketika anda menemukan model seperti ini: A+B-CxD/E atau yang lebih sedikit dari itu tetapi harus berbeda tanda (harus minimal ada 2 tanda beda, misyalnya ada penambahan dan perkalian). Dari contoh tersebut, yang harus dihitung terlebih dahulu adalah CxD, lalu hasilnya dibagi E, kemudian tambahkan A dan B, selanjutnya hasil A+B dikurangi CxD/E yang sudah dihitung awal.

Kita ke contoh angka saja:

10+10-3×4/2 =
10+10-12/2 =
10+10-6 =
20-6 =
14

Ini berlaku jika tidak anda tanda kurung yang memisahkan, jika ada tanda kurung maka beda urusannya. Jika ada tanda kurung, maka yang didalam kurung yang harus anda kerjakan terlebih dahulu.

Jadi jangan bingung lagi ketika ada pertanyaan : 4×5+3, mana yang dikerjakan terlebih dahulu?, jawab saja “ya tentu saja perkalian 4×5 dan hasilnya ditambahkan 3”.

Semoga anda dapat mengerti penjelasan ini dan semoga bermanfaat.

7 thoughts on “Hirarki Matematika (KaBaTaKu)

  1. Tapi kalau kita mengetes dengan nyata kenapa bisa salah, menurut saya rumus itu salah karena misalnya kita jualan, ingin mengembalikan uang hasilnya salah by:cahseban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s