7 Derby Panas Daratan Eropa

Derby merupakan sebutan untuk laga “panas” dan seru dalam dunia sepak bola, biasanya identik dengan pertemuan tim sekota meskipun tidak semuanya. Dalam suatu pertandingan yang bertajuk “Derby”, biasanya tersaji banyak gol dan hujan kartu, serta kadang terjadi perselisihan antar club. Setelahnya juga melahirkan ejekan antar kedua fans.

Berikut merupakan beberapa derby panas di daratan Eropa :

  1. Derby Della Madonnina (INTER MILAN VS AC MILAN)
    inter va ac milanTidak dapat dipungkiri bahwa pertemuan antara kedua club kota mode milano ini merupakan pertandingan yang sarat gengsi dan emosi. Awal pembentukan Inter yang merupakan seteru sang “kakak” AC Milan adalah ketika pendatang dari luar italy yang menetap di kota milano membuat club tersebut. Pertandingan selalu tersaji menarik karena melibatkan pertarungan para bintang pesepakbola papan atas dunia. Derby ini selalu dibumbui dengan berbagai perselisihan dan selalu memberikan atmosfer ketegangan bagi yang menyaksikannya. Tetapi seiring dengan kondisi keuangan akhir-akhir ini yang mencekik kedua club tersebut, juga dengan adanya rencana penerapan financial fair dari FIFA, kedua club mencoba menyeimbangkan kondisi keuangan sehingga keduanya lebih fokus pembinaan bintang muda daripada yang sebelumnya (membeli para bintang degan nilai selangit).
    Suporter kedua club memiliki tempat duduk khusus yang konon mereka saling mengatakan “najis” untuk berada di tribun sang rival. Inter dengan Curva Nord (Tribun Utara) dan AC Milan dengan Curva Sud (Tribun Selatan).
  2. El Classico ( REAL MADRID VS BARCELONA)
    real madrid vs barcelona
    El classico mempertemukan Real Madrid dan barcelona. Pertandingan ini selalu menyajikann pertarungan yang sengit karena kedua kubu ditaburi oleh para bintang. Laga ini identik dengan pertandingan yang melibatkan antara club kerajaan spanyol yang diwakili oleh Real Madrid dan wakil catalan yang selalu ingin memisahkan dari spanyol, yakni Barcelona. Perbedaan antara kedua kubu adalah Barcelona yang ditaburi oleh bintang hasil didikan akademinya, La masiah dan real madrid yang cenderung mendatangkan pemain bintang secara instan, Tetapi situasi tersebut merupakan perbandingan yang terbalik pada tahun-tahun yang lalu dimana barcelona dengan pemain “instan”nya dan real madrid dengan cetakan akademinya. Kedua kubu sering dikatakan sebagai “pemilik sepak bola spanyol” karena tidak ada club yang bisa menyaingi mereka, bahkan bisa dikatakan yang lain hanya memperebutkan juara 3, makanya liga ini bagi sebagian besar masyarakat dikatakan liga yang cenderung monoton.
  3. Derby D’Italia (INTER MILAN VS JUVENTUS)
    inter vs juve
    Derby d’italia merupakan pertandingan antara Inter Milan melawan Juventus. Dikatakan Derby d’italia karena hanya kedua club tersebut yang tidak pernah terdegradasi ke kasta serie-B sebelum terjadi skandal calciopoli yang melibatkan Juventus dan akhirnya mereka terkena hukuman degradasi. Pertandingan ini selalu panas sama halnya dengan Derby Della Madonnina karena melibatkan 2 club sukses di Italia.
  4. Derby Manchester (MANCHESTER UNITED VS MANCHESTER CITY)
    MU VS CITY
    Derby manchester mempertemukan kedua kubu dari kota manchester, Inggris. Pertemuan yang melibatkan manchester united dan manchester city memang dulunya tidak begitu menarik karena manchester city hanyalah club “tarkam”, tetapi setelah kepemilikan dipegang oleh raja minyak syekh mansyur, club asal kota manchester tersebut menjadi salah satu yang diperhitungkan di inggris dengan pembelian pemain bintangnya yang fantastis. Perbedaan yang mencolok dari kedua kubu adalah soal basis pendukung. meskipun United adalah salah satu tim yang sukses di inggris, tetapi masyarakat manchester sebagian besar mendukung City, hanya masyarakat “pinggiran” kota tersebut yang mendukung United, tetapi untuk masalah supoerter dunia, United tentunya berada di depan.
  5. Derby Della Capitale (AS ROMA VS SS. LAZIO)
    roma vs lazio
    Derby Della Capitale atau Derby Ibukota merupakan pertemuan antara 2 club ibukota Italia yaitu Antara Roma melawan Lazio. Pertemuan antara kedua club ini juga merupakan laga yang “panas” yang melibatkan luapan emosi meskipun kedua club masih berada dibawah Inter, Juventus, dan AC Milan dalam raihan gelar. AS Roma maupun Lazio juga memiliki basis suporter yang cukup banyak di Indonesia dan dunia.
  6. Derby London (ARSENAL VS CHELSEA)
    ARSENAL VS CHELSEA
    Derby Londen identik dengan 2 club Arsenal dan Chelsea. Arsenal merupakan tim yang punya tradisi di papan atas liga inggris meskipun jarang meraih titel karena identik dengan pembelian pemain muda dan mencetaknya menjadi pemain handal yang kemudian dijual dengan harga mahal. Chelsea merupakan tim yang seperti manchester city, yang pada awalnya hanya sebagai tim “penghibur” papan tengah, dan disulap menjadi tim super bintang dengan kedatangan bos mereka sampai saat ini yaitu Roman Abramovic.
  7. Derby Della Mole (JUVENTUS VS TORINO)
    derby turin
    Derby della mole atau yang lebih dikenal dengan sebutan derby turin merupakan derby yang melibatkan pertemuan antara Juventus dengan Rival sekotanya Torino. Derby ini memang tidak sepanas derby yang lain karena torino yang cukup sukses di masa lalu tidak bisa bersaing dengan ketat saat ini. Derby ini mirip dengan Derby Manchester dimana suporeter asal turin lebih memilih torino daripada juventus, sedangkan suporter dunia lebih memilih “si nyonya tua” Juventus.

Itulah 7 laga derby menarik di daratan eropa, selalu tegang jika menyaksikan laga-laga tersebut, apalagi jika yang melibatkan tim kesayangan kita.

Oleh : Muhammad Rofiqi

Iklan

4 thoughts on “7 Derby Panas Daratan Eropa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s