Tahukah Anda Tentang Rencana Redenominasi Rupiah?

index

Sudah tahukah Anda tentang rencana pemerintah yang akan melakukan Redenominasi terhadap mata uang Rupiah kita?.

Kabarnya pemerintah akan menerapkan Redenominasi terhadap rupiah pada bulan Juli tahun Ini.

Untuk lebih mudah memahaminya, Anda harus tahu terlebih dahulu makna dari Redenominasi. Redenominasi memiliki 3 bagian. Bagian pertama dan mungkin anda sudah tahu bahwa “Re” diawal sebuah kata menunjukkan pengulangan (kembali melakukan), contohnya adalah Rekonstruksi yang berarti kembali melakukan Konstruksi. Kedua adalah “De” setelah “Re” yang berarti mengurangi atau mereduksi, contohnya adalah Demosi yang berarti mengurangi jabatan (turun jabatan), lebih sederhananya adalah “De” merupakan lawan dari “Pro” (misyalnya promosi yang berarti naik jabatan). Dan yang ketiga adalah Nominasi yang berasal dari kata Nominal yang berarti Angka. Jadi kesimpulan dari arti Redenominasi adalah melakukan pengurangan kembali terhadap angka nominal.

Redenominasi pada nilai mata uang yang direncanakan adalah pengurangan terhadap angka Nol, Misyalnya uang 20.000 rupiah akan menjadi 20 Rupiah, 1.000 menjadi 1 Rupiah dan seterusnya. Meskipun terjadi pengurangan Nol, tetapi ini tidak mempengaruhi terhadap Daya beli karena 20 rupiah tersebut akan setara dengan 20.000 uang rupiah lama.

Rencanannya pada tahun ini tidak akan dilakukan penarikan terhadap rupiah lama, artinya masih pada tahap transisi dimana uang lama akan masih berlaku dan beriringan dengan uang baru. Jadi anda jangan sampai tertipu jika anda memiliki 20 rupiah uang baru(sama dengan 20.000 uang lama), itu lebih tinggi nilainya daripada 10.000 uang lama. Masa transisi ini direncanakan sampai 2015 dan pada 2016 akan dilakukan penarikan seluruh uang lama dari peredaran.

 

Oleh : Muhammad Rofiqi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s