Cara merawat printer

printer

Printer sebaiknya dirawat agar tidak cepat rusak. Kerusakan yang paling ditakutkan pemilik Printer adalah Katrij tinta yang notabene harganya diatas 100 ribu rupiah. Katrij tinta memang ada “umur”nya, tetapi jika tidak dirawat akan memperpendek usia katrij. Merawat printer sebenarnya tidak sulit. berikut beberapa tips agar printer anda tidak mudah rusak, terutama untuk printer yang sudah dimodifikasi (penambahan tabung tinta diluar) :

  1. Posisi printer harus lebih tinggi 5 cm dari tabung tinta, hal ini untuk mencegah terlalu banyaknya tinta yang masuk ke katrij. Pengecualian untuk printer Epson, posisinya sebaiknya sejajar.
  2. Ketika akan melakukan pencetakan, buka tutup kecil pada tabung modifikasi.
  3. Lakukan Deep Cleaning (Canon) dan Head Cleaning (Epson) setiap akan melakukan pencetakan atau setelah mencetak sebanyak 30 lembar
  4. Lakukan Deep Cleaning (Canon) dan Head Cleaning (Epson) atau nyalakan kurang lebih 15 menit printer setiap harinya untuk menghindari katrij kering.
  5. Jika hendak membawa printer, selang yang terhubung pada tabung sebaiknya dikareti dengan rapat untuk menghindari aliran tinta yang tidak seimbang.

Demikian tips untuk merawat printer, selain untuk menghindari dari kerusakan katrij, juga untuk mencegah terputusnya aliran tinta dari tabung modifikasi kedalam katrij. semoga bermanfaat.

Oleh : Muhammad Rofiqi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s