Acara TV yang ber-embel “Indonesia” berasal dari luar negeri

Ternyata embel2 indonesia identik dengan acara yang diadopsi dari negara lain. berikut beberapa acara “Indonesia” yang diadopsi dari negara lain :

1. Take Me Out Indonesia

200px-Take_Me_Out_Indonesia_2

Take Me Out berasal dari Australia, yang aslinya berjudul Taken Out, diproduksi oleh FremantleMedia. Di Australia ditayangkan oleh Channel V.
Penayangan di luar Australia mengambil judul Take Me Out, diantaranya ditayangkan di Denmark, Indonesia, Belanda, Swedia, Finlandia, dan Spanyol, dan akan ditayangkan pula di Jepang dan UK.

2. Eat Bulaga Indonesia

eat bulaga in

Eat bulaga berasal dari negara filipina, acara tersebut telah 33 tahun eksis di negasa tersebut. eat bulaga merambah ke Indonesia. Acara ini ditayangkan setiap hari, mulai 16 Juli 2012. Masyarakat dapat menyaksikannya melalui stasiun televisi SCTV.

3. Indonesian idol

indonesian idol

Indonesian Idol adalah seri televisi ajang pencarian bakat bernyanyi yang ditayangkan di berbagai negara. Berawal dari acara Pop Idol dari Inggris yang lalu diadaptasi ke negara lain termasuk Indonesia dalam acara Indonesiann Idol, acara ini diselenggarakan oleh FremantleMedia yang sebelumnya pernah membuat acara dengan konsep yang mirip, yaitu Popstars.

4. The X Factor

200px-TheXFactorTitles2011

The X Factor adalah bagian dari The X Factor yang paling sukses di beberapa negara, dibanding acara serupa ditiap negara. Setelah sebelumnya dipelopori oleh acara The X Factor dari Inggris.

5. Indonesia’s got talent atau IMB

Indonesia-Mencari-Bakat

Program Indonesia’s Got Talent merupakan salah satu ajang pencarian bakat yang berasal dari stasiun televisi yang lain. Indonesia’s Got Talent merupakan salah satu program pencarian bakat yang berawal dari negara besar Amerika dengan America’s Got Talent, Inggris dengan Britain’s Got Talent dan kemudian negara-negara lainnya juga mengadakan program yang sama. Salah satunya adalah Indonesia. Program ini juga banyak diikuti dari berbagai lapisan masyarakat, berbagai usia, berbagai bakat yang ada di Indonesia.

6. Fear Factor

fear factor

Sejarah awal Fear Factor sebenarnya berasal dari Belanda yang dihasilkan oleh Endemol USA yaitu perusahaan TV.

Di Belanda, Fear Factor dikenal dengan Now or Neverland, namun pada pelaksanaannya di  AS  diawali tahun 2001 berubah nama menjadi Fear Factor,  hal tersebut menjadi trend “peniruan” di berbagai negara.

7. Master Chef Indonesia

master chef

MasterChef Indonesia adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Inggris dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian bakat memasak. Acara ini pertama kali dimulai pada tahun 2011.

 

Itulah beberapa acara Indonesia yang diadopsi dari luar negeri, inikah tanda kreativitas yang menurun?, atau menandakann acara hanya mengejar profit semata?… atau memang ingin mencerdaskan dan menghibur bangsa Indonesia?.. semoga jawaban dari pertanyaan terakhir memang merupakan jawaban dari acara-acara tersebut…

 

Oleh : Muhammad Rofiqi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s