Extra Time Dalam Sepakbola

Dalam sepakbola yang menggunakan sistem gugur terdapat istilah Extra Time. babak Extra Time berbeda dengan Injury Time/Added Time. Injury Time/Added Time merupakan tambahan waktu pada setiap babak dengan perhitungan waktu tunda pertandingan karena berbagai sebab di lapangan seperti adanya pelanggaran atau cedera, sedangkan babak berpanjangan waktu atau Extra Time terjadi ketika hasil agregat gol kedua tim sama kuat.

Agregat gol ditentukan dari dua kali pertandingan kandang-tandang kedua tim. Sebuah tim bisa dikatakan menang apabila memiliki gol lebih banyak daripada lawan ataupun gol sama tetapi memiliki agresifitas gol tandang (dikandang lawan) lebih bagus, misyalnya tim A menang 1-0 dikandang sendiri dan dikandang lawan kalah dengan skor 2-1, maka tim A tetap berhak lolos karena lebih banyak mencetak gol dikandang lawan. Jika agregat dan agresifitas gol sama, maka inilah yang menyebabkan terjadinya Extra Time.

Extra Time tetap dihitung sebagai kandang dan tandang (tidak dianggap netral) sehingga ini memungkinkan tim tamu (yang bukan tuan rumah) mencuri agresifitas gol seperti peraturan yang telah dijelaskan. Pilihan ini dirasa adil karena Extra Time dilangsungkan di markas tim yang menjadi tuan rumah Leg II sehingga ada plus-minusnya juga. Positif untuk tim tuan rumah karena mendapatkan dukungan dari supporter dan bermain di lapangan sendiri, sedangkan positif untuk tim tamu karena bisa mencuri agresifitas gol tandang.

Pada babak extra time dikenal dua istilah yaitu Golden Gol dan Silver Gol. Golden Gol dahulu sering digunakan. Golden Gol atau Gol Emas merupakan peraturan pada extra time dimana tim pencetak gol terlebih dahulu akan memenangkan pertandingan tanpa menghabiskan waktu yang tersisa, artinya ini dianggap kandang netral. Sedangkan yang umum sekarang adalah Sistem Silver gol atau gol perak, meskipun salah satu tim mencetak gol belum tentu dianggap menang dan harus melanjutkan sisa menit pada babak extra time yakni sebanyak 2x 15 menit. Jika dalam babak perpanjangan waktu tidak ada yang mencetak gol, maka pertandingan akan dilanjutkan ke babak Adu penalti.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s