Istilah dan Peraturan dalam Sepak Bola

images

Sepak bola merupakan olah raga yang paling digemari di seantero dunia, untuk lebih menggilai sepak bola tentunya anda harus mengetahui apa saja istilah dan peraturan dalam sepak bola, berikut ini beberapa istilah dan peraturan dalam dunia sepak bola:

  1. Hand Ball
    Istilah hand ball bisa diterjemahkan sebagai sentuhan bola terhadap tangan, tetapi sebenarnya hand ball tidak hanya melibatkan tangan dan pergelangannya, tetapi sampai dengan batas lengan atas. Ini dianggap melakukan pelanggaram, tetapi ada kalanya tidak disebut pelanggaran jika tangan yang dikenai bola tidak dalam posisi aktif.
  2. Offside
    Banyak orang yang belum memahami konsep dari offside sendiri. biasanya orang menganggap bahwa seseorang yang mendahului pemain lawan semuanya dianggap offside, tetapi offside tidak sesederhana itu, peraturan offside dicetak sedemikian rupa sehingga tidak ada yang dirugikan. Offside mulai dihitung ketika pengumpan (ingat pengumpan) menyentuh bola untuk terakhir kalinya, disitulah ditetapkan apakah penyerang lebih mendahului penyerang lawan atau tidak. Jika masih sejajar atau lebih di belakang maka tidak dianggap sebagai offside. Jadi offside tidaklah dihitung ketika penyerang mendapatkan bola tetapi ketika pengumpan menyentuh bola untuk terakhir kali
  3. Play On
    Play on merupakan istilah untuk kejadian pada saat pemain yang sedang menyerang dilanggar oleh pemain lawan tetapi permainan tidak dihentikan oleh wasit karena menguntungkan serangan tim tersebut. Pada play on, Wasit juga berhak memberikan kartu kepada pelanggar ketika bola sudah keluar lapangan.
  4. Home and away dan peraturannya
    Home artinya bermain di kandang sendiri, dan away bermain dikandang lawan. pada babak yang menerapkan home and away, gol tandang (dikandang lawan) sangat dibutuhkan karena misyalnya jika agregat (skor dikandang lawan dan dikandang sendiri disatukan) sama, dengan skor 2-2 (dikandang lawan menang 1-0, sedangkan dikandang sendiri kalah 1-2), maka yang berhak lolos adalah tim lawan karena lebih banyak mencetak gol digawang kita (menang agresivitas)
  5. Kartu kuning dan kartu merah
    Kartu kuning merupakan peringatan untuk pelanggaran yang lumayan keras, sedangkan kartu merah untuk pelanggaran yang sangat keras dan juga kartu kuning kedua
  6. Free Kick
    Tendangan atau yang sering dikenal dengan free kick merupakan tendangan yang dilakukan ketika terjadi pelanggaran tetapi bukan pelanggaran khusus seperti penalti.
  7. Corner Kick
    Corner kick atau tendangan penjuru didapatkan ketika pemain lawan dengan sengaja atau tidak, membuang bola ke garis pertahanannya sehingga mendapatkan tendangan dari pojok (corner).
  8. Throw In
    Throw in atau lemparan kedalam diberikan kepada pemain yang lawannya membuang bola ke samping lapangan. Teknik lemparan harus benar yaitu dengan kedua tangan yang diayunkan diatas kepala dan pada saat melempar, kedua kaki tetap menapak ke tanah
  9. One-Two
    Istilah yang digunakan untuk umpan satu dua dan biasanya terjadi di depan gawang
  10. Over head kick
    Bisa disebut tendangan salto atau juga bicycle kick, tendangan yang akrobatik dengan menendang bola tinggi melewati kepala
  11. Penalti
    Penalti diistilahkan sebagai kotak dimana pelanggaran apapun akan dianggap sama yakni dilakukan tendangan dengan titik putihsejarak 11 meter dengan hanya berlawanan dengan 1 kiper. Dulu penalti ini tidak ada dalam sepak bola.
  12. Injury timeInjury time atau loss time merupakan perpanjangan waktu setelah 90 menit, ini diberikan untuk menambahkan waktu setelah waktu tersita dalam beberapa hal yang terjadi misyalnya pelanggaran, tetapi waktu terbuang akibat lemparan kedalam dan pergantian pemain
  13. Extra time
    Extra time ini veda dengan loss time, extra time adalah babak perpanjangan waktu yang biasanya terjadi pada babak final maupun semifinal yang menerapkan sistem gugur, hal ini jika tidak ada yang menang pada 90 menit plus injury time.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s